Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Sabtu, 28 November 2020

Pandemonium’s Journal: 2020 Rewind

 

Bulan ke Sembilan semenjak coronavirus ‘happening’ di Indonesia atau setidaknya setahun sudah virus ini menjadi objek perbincangan di segala lini kehidupan. Bahkan kini kita telah sampai pada era kebiasaan baru walaupun nampaknya belum akan ada penurunan jumlah yang terkonfirmasi positif. Pastilah sudah banyak kebiasaan yang berubah di era kebiasaan baru ini. Mulai happening virus ini -sebagai millennial penuh kekepoan dan bahan gibah alias bahan perbincangan di kehidupan bersosialisasi untuk mewujudkan keingintahuan serta kenyambungan perbincangan dengan siapa saja- tentu saja kita banyak mencari tahu update terbaru terkait penyebab awal hingga kondisi terkini. Seperti haus akan informasi, tentu saja semua berita kita serap tanpa tau berita tersebut berdasarkan fakta, kesalahan penafsiran, hingga hoaks.

Waktu terus berjalan hingga mual dan kecemasan muncul ketika mendengar mengenai pandemi ini di media hingga mulai memfilter berita serta mengalihkan banyak aktifitas mengganggu kecemasan (Quarantine day xxx) untuk mendistraksi. Namun, sudah sedekat apa virus ini di kehidupanmu? Sudah sedekat rekan satu lingkungan terinfeksi, atau sedekat seluruh anggota keluarga wajib swab karena indikasi kontak dengan penderita? Mungkin nantinya virus ini akan bermutasi ataupun tubuh kita memiliki immunity namun kondisi saat ini adalah kondisi ketika 1 abad yang lalu virus influenza adalah pandemi, bukan virus yang sudah melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Semakin waktu berjalan semakin membuka mata pula terhadap nyatanya kesehatan mental. Tidak melulu mengenai depresi, bunuh diri, atau mungkin bahkan sakit hati(?) Beberapa dari kita memang butuh untuk menerima supaya bisa menyembuhkan hati dan berdamai dengan keadaan. Banyak memang masalah hati yang mengganggu aktifitas kehidupan bahkan penerimaan terhadap orang lain. Dalam keadaan lebih buruk akan menuju stress dan depresi, namun ternyata kecemasan berlebihan juga bisa amat sangat mengganggu.

Tahun 2020 sudah hampir usai, ketika semua harapan hampir pupus mari kita terus berdoa untuk Kesehatan dan kewarasan kita.

Kawan, lihatlah ke depan
Dunia terbentang panjang
Kita lewati halang dan rintangan

_pee wee gaskin – ikut aku ke bulan_

 

Sudah pulangkah Anda tahun ini