Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Senin, 11 Juni 2018

Anti Antri Antri Club

http://beritanewmesinantrian.blogspot.com/2016/11/solusi-mengatasi-antrian-panjang-mesin.html


Setelah sebelumnya ada anti social social club dan ada anti pangling pangling club ku mau ikutan trend dengan bikin anti antri antri club. Di Indonesia antri secara tertib dan rapi tanpa protes mungkin jarang bisa ditemui dibandingin di negara maju walaupun katanyaa, katanya nih yaa Indonesia itu penduduknya ramah-ramah.

Nah,, sebagai anti antri antri club sebenernya itu ungkapan ke gemasan saya terhadap antrian yang ada (lebih ke geregetan sih 😅) dan penasaran kenapa orang rela antri buat sesuatu. Kalo saya sih sebenernya membenci 3 tempat. Salon/beauty clinic, bank, rumah sakit. Gak lain dan gak bukan ya karena antriannya.

Jangan heran kalo saya lebih memilih salon rumahan yang (kalo bisa) tanpa antri (tetapi tetep cek kualitas yaa) dibandingkan salon-salon atau beauty clinic yang banyak tersebar. Prefer creambath, masker, atau peeling di rumah aja (walaupun ujungnya malas) daripada antri.

Rumah sakit. Dulu saya sempat di doktrin jadi dokter. Untung gagal. Apa jadinya saya kalo ketemu orang sakit melulu. Jangan-jangan kesehatan mental saya terganggu kalo ga kuat. Semenjak bekerja dan di cover asuransi kantor saya jadi rajin dan familiar ke rumah sakit. Sebenernya untuk sakit cuma setahun sekali (alhamdulillah sehat terus) dan paling kontrol gigi. Tapi kalo rawat inap?? Jauh-jauh deh. Buat kontrol aja harus prepare dari minggu sebelumnya untuk kosongin jadwal santai-santai dan bangun siang.
Ga kebayang kalo di perantauan sakit trus antri sendiri buat ngurusin administrasi rawat inap buat masuk dan keluar. Fyuh,, syukurlah dijauhkan. Sepanjang ini hanya nemenin orang rawat inap aja rasanya kaya ikutan sakit. Bukannya empati saya rendah untuk urusan ini tapi untuk menghindari sakit jadi saya mengurangi intensitas menjenguk orang terlalu lama #sorry 🙏

Yang terakhir bank. Antri di bank itu paling males. Nonsense bagi saya waktu itu. Pindahin dari 1 rekenjng ke rekening lain tapi yang didapat cuma kertas. Ga ada bukti nyatanya. Itupun antrinya lamaaaaa banget. Hahahaa. Ada beberapa golongan orang antri ke bank menurut waktunya. Kamu termasuk yang mana?

1. Dateng pagi-pagi banget sampe antri didepan pintu gerbang.

Ini nih kategori yang pengen semua cepet selesai dan bisa segera aktifitas yang lain. Tapi kalo pas ternyata antrian panjang banget jadi harus punya taktik buat ambil antrian tercepat atau kena zonk antrian panjang.
Sah-sah aja menurutku, asalkan jangan sampe nungguin lama sebelum pintu di buka. Ga perlu. Ada tulisannya jam kas buka kan? Budayakan membaca.

2. Dateng pagi menjelang siang.
Nah kalo ini aliran pasrah-pasrah aja. Kalo antrian sepi ya cepet, kalo pas ternyata nasabah lain lagi pada curhat atau bawa transaksi banyak ya sabar aja menunggu antrian yang entah kapan selesainya.

3. Dateng mepeettt banget jam tutup kas.
Nah ini musuh bersama bagian pelayanan. Uda dateng mepet jam tutup, ternyata bawa transaksi atau curhatan yang melimpah ruah. Hahaha. Jangan ditiru yak, karyawan juga manusia walaupun harus bersikap profesional.


Pernah di bagian customer care buatku sedikit geregetan ketika banyak yang curhat di social media sebenernya, trus di blow up lah sama akun-akun entah-siapa-adminnya-tapi-tetep-aja-ga-clear-masalahnya-kalo-lapor-ke-situ. Banyak perusahaan sudah punya care center di socmed kok. Langsung aja lapor kesitu. Eitss tapi ga semuanya langsung diselesaikan yaa,, beberapa harus ke kantor cabang terdekat.

Ini ada beberapa tips pintar dan beberapa kejadian yang bikin gemash saat di bagian customer care

1. Kartu ATM tertelan mesin
Dari bahasanya aja sudah hebat ya, ada mesin yang bisa menelan kartu 😅. Mungkin banyak customer service bank yang sudah hafal dengan case ini, apalagi menjelang gajian. Buanyaaakk banget. Karena keberagaman kita, saya pernah mendapatkan pengaduan yang bermacam-macam (bahasanya) diantaranya
-atm saya kesedot. Ok. Sekarang nampaknya bank punya mesin penyedot kartu. Hahaha
-atm saya termakan. Hmmm
-atm saya terhisap. Hnnggg
-atm saya tercelup. (what?? Tercelup apa lagi dia?? Saatnya ngeteh, saatnya sariwangi).

Ok. Dari keanehan-keanehan diatas sebenernya saya punya tips saat marik uang di mesin ATM.
-Selesai melakukan transaksi pastikan Anda memegang uang dan kartu atm terlebih dahulu sebelum melakukan hal selanjutnya (kalo struk mah terserah aja)
-hitung uang Anda sebelum meninggalkan mesin. Kalo aja ada eror bisa deh di complain dengan bukti-bukti yang ada
-amankan uang Anda di dalam dompet/tas sebelum keluar ruangan. Klo yang ini sih biar ga mengundang pencopet yaa..

Kalo itu dilaksakan maka gugurlah 1 alasan Anda repot-repot antri ke bank. Nice.


2. Uang tidak keluar tapi saldo berkurang. Uang tidak masuk rekening penerima tapi saldo berkurang.
Kalo ini terjadi, mungkin Anda termasuk golongan yang hobi ngantri di atm saat rame-ramenya. Maksudnya abis gajian langsung ambil atau transfer. Gitu. Case itu masih terjadi di bank-bank di Indonesia walopun ga banyak. Tapi suka kesel kalo ada yang bilang uangnya dicuri bank 😤.

Ok. Mari kita lihat konsep digital banking. Ini pasti terkait infrastruktur. Kalo demand dan supply nya ga sejalan bisa lah ini terjadi. Inget ya ga banyak terjadi. Cuma kalo kalian termasuk golongan yang abis gajian ngantri ke mesin atm, maka disitulah demand maksimal terjadi.

Bersabarlah,, pasti kembali kok. Bahkan ada bank yang nasabahnya ga sampe komplain uang nya sudah balik lagi. Ada. Apalagi kalo melibatkan 2 bank yang jelas punya kualitas infrastruktur yang beda. Bagi customer apapun yang terjadi bank tetep salah banknya. Karena customer adalah raja. Customer mau yang terbaik. #buset. Semua bisa diselesaikan baik-baik kok.

Kalo ada case begini ga ada salahnya kita pilih cashless transaction kan. Apalagi kalo rekening kita sudah dilengkapi kartu atm, sebagian besar tempat belanja/makan modern sudah bisa cashless transaction. Manfaatin deh fasilitas itu. Maka gugurlah 1 alasan lagi antri di bank. Bukankah hidup harus produktif? Ada yang lebih produktif kan dibanding antri dan menunggu? Saya percaya menunggu itu menyebalkan (pasti jomblo-jomblo setuju, ya kan mblo?)

Kalo masalah transfer ke bank lain? Usahakan jangan buru-buru. Kita punya 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari sebulan, dan 265 hari setahun. Kenapa transfernya harus tanggal gajian sih? Uang habis? Diminta transfer?  Yuk sini cerita sama aku. Biar kita bisa belajar atur finansial kita bareng-bareng.

Nah,, kalo masalah belajar finansial jangan malu deh ngomong sama orang bank, yang ahlinya tentunya. Kalo yang ini gapapa deh ngantri, tapi langsung ke advisornya ya biar tepat sasaran. Bank bukan tempat complain bukan? Jadiin antrimu lebih bermakna


3. Case skimming
Saya kurang tahu di bank lain, kalo di bank saya sempet ada case ini, tapi yakin deh ga sampe 1% sepanjang saya bekerja. Dan semuanya (yang saya handle) bisa terselesaikan kok.
Kejahatan elektronik ini memang perlu aware berbagai pihak. Tapi kita tetep kudu harus cerdas nih. Misalnya kalo mesin ATM ada yang aneh, mending pindah lokasi. Kalo ada permintaan aneh ga biasa buat refresh account e-banking mending cek ulang alamatnya deh. Atau tanya ke call center. Oiya, sekarang kalo transaksi di merchant pembelanjaan kasir sudah tidak boleh gesek di mesin kasir ya untuk mengurangi kemungkinan skimming. Hati-hati dalam bertransaksi dan tutup tangan saat memasukkan pin. Niscaya gugur lagi deh alasan ngantri ke bank


4. Pake e-banking? Siapa takut
Wahai generasi milenial yang katanya kalo sebulan ngabisin puluhan gigabyte kuota internet tiap bulan tapi kalo dibantu aplikasi mobile banking masih takut-takut.
Percayalah, bank sudah memasang pengaman semaksimal mungkin dan yakinlah itu bisa mengurangi seringnya antri di bank atau mesin atm. Transaksi di HP sesimple kirim gambar di messenger. Banyak kemudahan yang bisa dipakai. Asalkan jangan dipakai kalau pakai wi-fi ya. Bahaya. Eh, makin gampang belanja online lho kalo transfer lewat e-banking.
Gugur lagi deh alasan ngantri (yang menurutku) ga penting itu.

Gampang kan? Buat hidup kita lebih simple tanpa antri. Kalo ada yang lebih mudah ngapain harus antri kan? Tapi tetep harus pintar-pintar ya. Malu bertanya masih bisa sesat di jalan lho. Mending ngabisin waktunya kaya bang Adam daripada ngantri. #AntiAntriAntriClub


Spent 24 hours
I need more hours with you
You spent the weekend
Getting even, ooh ooh
We spent the late nights
Making things right, between us
But now it's all good baby
Roll that Backwood baby
And play me close
_girls like you-maroon5_





Sepertinya beberapa hari kedepan bakal produktif mengingat libur masih panjang