Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Sabtu, 15 Desember 2018

#berhentisejenak Manajemen stress

2013
A happy me! KKN uda kelar, dapet 2 kerjaan part time sekaligus sambil nungguin skripsi kelar. Kewajiban ngampus yang belasan kilometer jauhnya berkurang banyak. Kerja di rumah dan sesekali keluar impian bangett!! Sampe suatu ketika ga enak badan sampe muntah-muntah macam orang hamil terjadi berhari-hari. Pada dasarnya menjauhi rumah sakit jadi cuma bedrest aja. Untung terakhir ketemu pacar beberapa bulan sebelumnya jadinya ga ada prasangka aneh-aneh dari sekitar #hehe 😂.
Di sinilah awal ku berteman dengan penyakit segala golongan usia, pekerjaan, dan kelamin. Gastrisitis!




2018
Seorang teman terkapar selama 2 minggu berturut-turut dengan selang infus menancap di tangan tanpa ada diagnosa apapun dari dokter. Seminggu pertama memaksa keluar di pagi hari dan berakhir masuk kembali ke IGD dan kamar yang sama karena merasa masih belum sehat. Segala jenis pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh tanpa ada hasil yang jelas. Kegelisahan semakin menjadi ketika seorang teman memberitahukan gejala penyakit sama dengan seseorang yang saat ini harus rawat jalan dan tidak bisa bekerja kembali.

3 bulan berlalu, setelah memilih berpindah tempat tinggal dan kembali ke dokternya yang lama akhirnya disimpulkan bahwa terjadi sesuatu dengan paru-paru nya. Untuk ukuran yang pulang malam karena lembur dan bukan aktivitas lain ini sungguh bikin kaget semua orang. Kontrol teratur dan kini sudah lebih baik tapi tidak mematahkan kemungkinan suatu hari akan terserang penyakit yang sama.



Ternyata kejadian 2013 lalu dan yang dialami seorang teman memiliki kesamaan. Terkena stress! Untungnya ke tahapan depresi (ini bikin sedih karena jadi harus mengikuti mental healing. Hiks)
Walaupun pada saat itu agi happy banget dengan aktivitas yang bisa mengalihkan sejenak dari skripsi yang mulai mandeg karena dosen yang sedikit menjengkelkan ternyata alarm di tubuh tidak berkata demikian. Stres akibat skripsi itulah yang mempertemukanku dengan gastrisitis yang untungnya jarang banget ketemu lagi selama kerja.
Di situlah ku menyadari bahwa walaupun lagi happy, lagi liburan, tapi kalo pikiran masih ketinggalan di kantor, masih worry akibat kerjaan kerjaan yang belum kelar jiwa kita belum sepenuhnya happy. Ugghh sebel.

Mencomot dari rocketmanajemen.com ada beberapa tips yang gampang-gampang sulit buat bisa diterapin kalo stres mulai melanda
- Identifikasi Kebiasaan dan Perilaku yang Menyebabkan Stres
- Ganti Kebiasaan Atasi Stress yang Tidak Sehat
- Terus Bergerak
- Bersosialisasi Dengan Orang Lain
- Menerapkan 4A (Avoid, Alter, Adapt, Accept)
- Menyediakan Waktu untuk Bersantai
- Gaya Hidup Sehat

Kalo bagiku tambah 1 lagi, black list tempat makan yang kalo keluar dari lokasi itu langsung bikin batuk. Sakit bikin aku tambah stres! Apalagi kalo ga sembuh-sembuh. Sebel!
#teambedrest
#teamjauhirumahsakit
#tapiteteplemburdikantor
#butuhliburan

Oiya, penyebab sakitnya temenku nampaknya adalah stres di jabatan yang baru di promosikan kepadanya karena belum bisa adaptasi secara maksimal



Yuk liburan yuk, liburan yuk, liburan yuk
Yuk ke pantai yuk, ke pantai yuk, ke pantai yuk
Ternyata pacaran tak membuat kamu bahagia
Jadi lebih baik ke pantai aja
_liburan yuk-budi doremi_


Senja pelipur lara