Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Minggu, 05 September 2010

raksasa di Kota Bontang


PERKEMBANGAN MORFOLOGI KOTA BONTANG

Bontang adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Kalimantan timur. Walau kini berstatus kota, dahulunya hanya berupa perkampungan yang terletak di aliran sungai dengan sistem pemerintahan yang sederhana. Dalam perkembangannya, Bontang dijadikan sebagai daerah industri yakni dengan didirikannya PT Badak NGL Co yang kemudian disusul pembangunan PT Pupuk Kaltim serta PT Indominco Mandiri.

Didirikannya tiga perusahaan raksasa inilah yang menjadi tonggak perkembangan Bontang hingga akhirnya disahkan sebagai kota. Pembangunan yang terjadi di kota Bontang adalah dari segi ekonomi maupun fisik yang berupa peningkatan fasilitas yang terdapat di kota Bontang. Dari segi ekonomi pun Bontang banyak menyerap tenaga kerja dari lapangan kerja yang sudah ada.

Dipilihnya kota Bontang sebagai daerah industri membuat mulai banyaknya pendatang dari penjuru daerah, baik dari Pulau Jawa maupun daerah lain di Indonesia untuk mencari pekerjaan di Bontang. Dengan banyaknya pendatang baru tentu perlu dibangun fasilitas-fasilitas yang dapat dipergunakan oleh penduduknya. Untuk itu, PT Badak dan PT Pupuk Kaltim membangun fasilitas yang terbilang modern di kawasan perusahaan mulai dari fasilitas perumahan bagi karyawan perusahaan, tempat olahraga, rekreasi, taman bermain, rumah sakit, sekolah hingga hotel berbintang yang semuanya dikelola oleh perusahaan yang kemudian bisa menambah kas pemerintah setempat.

Dengan dibangunnya fasilitas-fasilitas di kawasan perusahaan tersebut membuat kawasan perusahaan tersebut menjadi kawasan elit dI kota Bontang apalagi dengan masuknya jaringan listrik, telepon dan internet. Bahkan adanya pelabuhan dan bandara di kota Bontaang adalah milik perusahaan yang hanya diperkenankan digunakan untuk kepentingan perusahaan.
Sebagai daerah industri, di kota Bontang hampir tidak dibangun pusat perbelanjaan besar seperti mall. Hanya terdapat beberapa pasar sebaagai tempat belanja. Tidak adanya mall memang disengaja agar kepadatan yang terjadi di kota Bontang hanya karena peningkatan sektor industri.

Selain pembangunan kota yang pesat akibat berdirinya perusahaan raksasa yang menyumbang kas terbesar untuk pemerintah daerah juga terdapat sumbangan oleh pemerintah daerah sepeti jalan raya, terminal dan angkutan umum untuk meningkatkan potensi alam yang sudah ada sehingga menjadi obyek wisata yang bisa dikunjungi banyak orang. Obyek wisata potensial bagi kota Bontang adalah pantai berpasir putih dan perkampungan nelayan di atas laut.

Sumber artikel : http://iezha.student.umm.ac.id/2010/07/09/kota-bontang/#more-30


05/09/10
cipacipo