Pages

RSS

Welcome to my Blog
Hope you enjoy reading.

Kamis, 30 September 2010

amazing Fadel

Entrepreneurial Government



Menurut ekonom, birokrat terbiasa untuk membelanjakan uang sebanyak mungkin jika menginginkan mendapat anggaran yang lebih besar pada tahun selanjutnya. Sebaliknya, seorang pengusaha berfokus pada pengelolaan budget yang dimilikinya dengan baik untuk mendapatkan pengeluaran atau pendapatan yang lebih besar.

Fadel Muhammad, gubernur pertama Gorontalo yang dahulunya seorang pengusaha, adalah salah satu birokrat yang bertindak seperti pengusaha. Ketika banyak gubernur berlomba-lomba membangun gedung untuk kantor baru, Fadel justru membangun bandara, jalan dan pelabuhan laut. Menurutnya, tanpa pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut provinsi baru tidak akan bisa berkembang.

Fadel memiliki tiga sasaran yaitu memecahkan masalah akan ketiadaan fasilitas infrastruktur, memastikan cepatnya pengangkutan hasil pertanian menuju pasar sehingga tidak dibiarkan membusuk di tempat produksi, dan mengakhiri ketergantungan transportasi udara pada Provinsi Sulawesi Utara.

Fadel memfokuskan diri pada sector petanian untuk mengembangkan ekonomi local. Untuk itu dia berambisi menjadikan Gorontalo sebagai provinsi agropolitan yang menjadikan pertanian dan perikanan sebagai tulang punggung ekonomi.

Walaupun awalnya banyak yang meragukan konsepnya namun akhirnya Fadel mendapat banyak dukungan dalam mewujudkan rencananya. Kebijakan Fadel berfokus pada meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan penduduknya.

Ada tiga pilar Fadel dalam mengembangkan Gorontalo, yaitu meningkatkan SDM melalui pendidikan, menjadikan Gorontalo sebagai provinsi agropolitan serta meningkatkan sektor perikanan yang berfungsi sebagai sektor wisata. Pendidikan dipahami sebagai sektor utama dalam mengembangkan provinsi sehingga dianggap perlu untuk mendesain kurikulum menjadi berbasis regional yang menjadikan lulusannya rela untuk terjun ke dunia pertanian setelah lulus sekolah.

Untuk meningkatkan sektor pertanian Fadel merasa perlu menyebarkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi. Berbeda di daerah kebanyakan, di Gorontalo walaupun produksi pertanian tinggi namun harga tidak turun drastis bahkan naik seimbang dengan kualitasnya. Fadel bahkan sangat aktif melihat pasar luar negeri agar bisa mengekspor produksi dari Gorontalo.

Setelah berhasil meningkatkan produksi jagung, Fadel berniat membuat prestasi lagi seperti produksi berass hybrid, peningkkatan sistem irigasi serta pengembangan biodiesel.


diambil dari majalah Globe Asia